Cara Menanam Cabe Dalam Pot

gambar cara menanam cabe dalam pot image

gambar cara menanam cabai dalam pot

Budidaya cabai, kalau Anda mendengar kata “budidaya” tentu yang terlintas ialah lahan? kebun? atau juga tegalan? Namun Anda tidak usah membayangkan terlalu jauh. Karena kali ini kami akan membahas bagaimana tips cara menanam cabe dalam pot.


Mengingat cabe yakni  salah satu jenis sayuran yang sungguh penting untuk mengugah selera makan, pasti kebutuhan cabe mesti harus Anda sediakan dirumah tiap harinya. Meskipun dewasa ini harganya terus naik. Maka bagi Anda yang tidak memiliki lahan, tidak usah kawatir. Simak berikut alternatif bertani dilahan sempit “kiat cara menanam cabai dalam pot” untuk Anda baca..


Cara menanam cabe dalam pot dapat Anda kerjakan sendiri di halaman atau pekarangan rumah Anda. Caranya terbilang gampang, hampir sama dengan cara menanam tomat dalam pot ataupun cara menanam sayuran dalam pot lainnya.


Selain untuk menyanggupi keperluan rumah tangga Anda, cara menanam cabai dalam pot juga mampu dimanfaatkan untuk menambah penghasilan Anda dengan menjual hasil panen flora cabai Anda. Cara menanam cabai dalam pot juga merupakan cara penanaman bagi Anda yang tinggal dikota besar, dimana ketersediaan lahan untuk bercocok tanam telah susah. Maka, cara menanam cabai dalam pot ialah salah satu solusi terbaiknya.


Cara menanam cabai dalam pot dapat dikerjakan bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi maupun dataran rendah ialah dalam kisaran ketinggian 0 meter sampai 2000 meter diatas permukaan maritim. Sedangkan suhu terbaik dalam budidaya cara menanam cabe dalam pot adalah 24 sampai 27 derajat celcius.


Berikut tahapan cara menanam cabai dalam pot yang dapat Anda praktekkan sendiri disekitar rumah Anda. Sebagai acuan kami akan menggunakan cabai keriting sebagai bahan artikel ini, dikarenakan cabe keriting umumnya memiliki tingkat kemajuan dan ketahanan yang lebih baik ketimbang varietas-varietas cabai lainya.


Panduan Cara menanam cabai dalam pot


a. Bibit Cabe

Cara menanam cabai dalam pot tahap pertama adalah mendapatkan bibit unggul yang nantinya akan sangat menghipnotis hasil panen dari flora cabai Anda. Ada berbagai jenis cabe rawit di pasaran, diantaranya varietas bibit unggul maupun varietas setempat.


Mendapatkan bibit cabai dengan mutu unggul, terbebas dari segala jenis hama penyakit, dan memiliki hasil panen yang melimpah ialah beberapa syarat utama pada dikala Anda memilih bibit cabai. Setelah bibit cabe didapat, tahap selanjutnya yaitu menyemaikan benih cabai tersebut.


b. Persemaian Benih

Setelah bibit cabe didapat, sebaiknya disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanam di dalam media pot yang bekerjsama. Hal ini bertujuan agar flora cabe sudah tumbuh tunas, serta untuk memilih beberapa benih yang ternyata pertumbuhannya kerdil ataupun kurang maksimal.


Cara menanam cabai dalam pot untuk tahap persemaian benih dapat dimulai dengan langkah – langkah :



  • Siapkan polibag ukuran 8cm x 9 cm , petakan tanah, dan daun pisang

  • Buatlah petakan tanah yang dicampur dengan pupuk kompos hingga merata.

  • Usahakan butiran tanah dapat dimasak sehalus mungkin biar nantinya akar bibit yang disemai dapat menembus dengan mudah ketika mencari nutrisi kedalam tanah.

  • Ketebalan petakan tersebut antara 5 cm hingga 10 cm.

  • Masukkan benih cabe kedalam larikan lalu ditutup dengan gabungan tanah dan bubuk, lalu disirami dengan air secukupnya.

  • Tutuplah petakan tanah persemaian yang telah ditanami cabe tersebut dengan karung goni berair hingga 3 sampai 4 hari.

  • Bibit akan mulai muncul sesudah umur tanam 4 hari, setelah bibit keluar, ambil karung goni berair tersebut dan gantilah dengan pemasangan naungan buatanb untuk melindungi bibit baru dari sengatan sinar matahari maupun derasnya air hujan.

  • Cara menanam cabe dalam pot yang bahwasanya ialah sehabis usia persemaian memasuki umur 4 ahad, pada dikala itu lazimnya tanaman cabai telah mulai berdaun sampai 3 – 4 helai.


c. Persiapan Media Tanam Dalam Pot

Cara menanam cabe dalam pot tentu saja juga membutuhkan persiapan media tanam itu sendiri. Siapkan pot ataupun polybag ukurang  > 30 cm, tujuan dari media pot yang besar yakni supaya media tanam mampu dengan baik menopang pengakaran tanaman pada ketika nanti tumbuhan cabe telah menginjak usia akil balig cukup akal.


Kemudian isi pot atau polybag tersebut dengan beberapa campuran tanah, pupuk kompos / sangkar, arang sekam, dan juga sekam padi dengan komposisi 1 ; 1 ; 1 ; 1. Setelah semuabahan diaduk merata, langkah berikutnya adalah mengayak campuran tanah tersebut supaya menciptakan media tanam sehalus mungkin.


d. Cara Menanam Cabe Dalam pot

Setelah media tanam siap, berikutnya yakni memindahan benih yang sudah memiliki helaian beberapa daun tersebut kedalam media tanam pot. Pemindahan bibit sebaiknya dijalankan pada pagi atau sore hari untuk menyingkir dari terik matahari yang panas.


Pindaahkan benih cabe dengan hati – hati beserta dengan tanah yang masih menmpel bersama akar tumbuhan cabe tersebut kedalam lubang tanam di dalam pot tersebut. Kemudian tutup kembali dengan tanah semoga tumbuhan cabai yang gres tidak mudah roboh.


e. Perawatan Tanaman Cabe

Lakukan perawatan secara berkala untuk cara menanam cabai dalam pot biar menghasilkan panen yang tepat.  Lakukan pemupukan susulan berkala untuk memperbesar kekayaan unsur hara yang diperlukan tanamn cabe didalam pot tersebut. Pemupukan umumnya dijalankan 1 bulan sekali hingga abad panen tiba.


Tanaman cabai memerlukan intensitas penyiraman ang cukup tinggi, rutinlah menyirami flora cabai dalam pot Anda setiap pagi dan sore hari. Cara menanam cabai dalam pot juga diharapkan adanya penopang flora agar flora tidak gampang roboh. Biasanya permulaan pengerjaan penopang pada dikala ketinggian flora cabai meraih 20cm atau lebih.


gambar cara menanam cabe dalam pot image
gambar cara menanam cabe dalam pot

Cara menanam cabai dalam pot yakni berkebun meskipun minim ketersediaan lahan. Akan lebih indah dan membuat puas bila Anda mampu memetik cabai sendiri bukan ? Selamat Mencoba



Comments

Popular posts from this blog

How High Is Also High?

Penjelasan Lengkap Morton's Nature's Seasonings References